Minggu, 24 Oktober 2010

Balai Arkeologi Bandung, Sekilas..

Balai  Arkeologi Bandung berdiri pada tanggal 1 Juli 1992 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0290/0/1992. Merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) bidang kebudayaan di bawah naungan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, dengan wilayah kerja meliputi Propinsi Jawa Barat,DKI Jakarta, Lampung dan Kalimantan Barat.
Balai Arkeologi Bandung, sebelum 1 Juli 1992 yaitu sejak 1981 sebenarnya pernah juga menjadi Instalasi Pusat Penelitian Arkeologi Nasional yaitu sebagai Laboratorium Paleoekologi dan Radiometri yang dikenal dengan Palrad.

Seiring dengan Perubahan susunan di Lingkungan Kepemerintahan Republik Indonesia, pada tahun 2006 dengan terbitnya Peraturan Menteri Kebudayaan Dan Pariwisata Nomor PM.39/OT.001/MKP 2006, kemudian Balai Arkeologi Berada di bawah naungan Departemen Kebudayaan Dan Pariwisata dengan wilayah kerja meliputi Propinsi Jawa Barat, DKI Jakarta,Banten dan Lampung.

Tugas Pokok Balai Arkeologi Bandung adalah melalukan penelitian arkeologi di wilayah kerjanya. Dalam melaksanakan tugas tersebut Balai Arkeologi mempunyai fungsi, yaitu:
  1. Melakukan pengumpulan, perawatan, pengawetan, dan penyajian benda yang bernilai  budaya dan ilmiah yang berhubungan dengan penelitian arkeologi
  2. Melakukan urusan perpustakaan,dokumentasi dan pengkajian ilmiah yang berhubungan dengan hasil penelitian arkeologi
  3. Memperkenalkan dan menyebarluaskan h asil penelitian arkeologi
  4. Melakukan bimbingan edukatif kultural kepada masyarakat tentang benda yang bernilai budaya dan ilmiah yang berhubungan dengan arkeologi
  5. Melakukan urusan tata usaha dan rumah tangga Balai.

Balai Arkeologi Bandung saat ini sudah terhimpun sejumlah hasil penellitian dari berbagai situs yang meliputi periode budaya Prasejarah, Klasik, Islam, dan Kolonial di wilayah  kerja. Para Peneliti yang terhimpun di bawah Balai Arkeologi Bandung saat ini telah meliputi beberapa kepakaran, baik di bidang prasejarah,klasik, arkeologi sejarah, permukiman dan etnoarkeologi, yang siap melayani masyarakat.

Kontak kami: balarbandung@yahoo.co.id
Telepon: (022)7801665
Fax: (022) 7803623

Tags:

1 Responses to “Balai Arkeologi Bandung, Sekilas..”

Unknown mengatakan...
11 Juni 2015 pukul 23.52

Di Desa Legok, Kec. Lohbener Kab. Indramayu terdapat naskah kuno berupa daun lontar. Apabila berkenan saya mohon untuk segera ditindaklanjuti. Dari dinas terkait belum bisa menindaklanjuti sepenuhnya. Dikarenakan keterbatasan sarana & prasarana. Dan saya minta alamat e-mail untuk mengirim foto2 naskah kuno tersebut.
Sekian terima kasih.


Posting Komentar

Subscribe

Untuk mendapatkan berita terbaru mengenai arkeologi

© 2015Balai Arkeologi Bandung. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks Customized (beta 1) by Kaptenwortel